Thursday, November 9, 2017

Jokes apaan sih??

Saat membaca buku Greg Dean yang berjudul STEP BY STEP STAND UP COMEDY terjemahannya Koh Ernest Prakasa yang ane beli pada tanggal 01 Juni 2016 di Gramedia, kembali menyegarkan memory bagaimana caranya memahami apa arti dari sebuah joke?.

Menurut Om Greg Dean joke itu terdiri dari dua bagian, yakni; Setup dan Punch. Secara garis besarnya, kalau setup adalah bagian pertama dari sebuah jokes yang menyiapkan orang lain untuk  tertawa sedangkan punch adalah bagian ke dua dari sebuah joke, yang membuat orang lain tertawa.

Para Comedian sepakat jika setup dan punch berhubungan langsung dengan Ekspektasi dan Kejutan. Intinya ekspektasi terbentuk karena adanya setup dan kejutan terbentuk karena adanya punch. Kesimpulannya, sebuah joke membutuhkan 2 alur cerita. Setup membentuk 1st Stories (Cerita pertama) yang menciptakan ekspektasi.Sedangkan, Punch mengejutkan dengan 2nd Stories (Cerita Kedua) yang tetap relevan tetapi berbeda dengan ekspektasi kita.

Nah dari hal ini, ane rangkum bahwa begitu banyak informasi yang tidak tertera pada jokes disampaikan para Comic namun berkembang sendiri di otak kita melalui berbagai anggapan. Sehingga angan-angan kita sendirilah yang mengira-ngira seperti sesuatu itu nyata terjadi.

Jadi, sekarang sudah mulai bermain-main dengan apa yang ada dalam benak para penonton. Tapi, kalau gak konek mungkin kebanyakan nahan konak? Upss!!

No comments: