Sunday, April 18, 2021

Buyut Kong Sairi dan Mak Jarian

Jika kau bersyukur maka rejekimu akan bertambah. Itulah yang kini aku rasakan. Seperti saat tadi, saat aku memposting  status WA tiba-tiba Endang Sepupuku menanyakan siapa photo yang aku posting. Tentunya aku jawab, anakku kang. Alhamdulillah, kebahagiaan aku bertambah. Karena anaknya Endang telah lahir, selisihnya sebulan sebelum anakku lahir. Alhamdulillah,Laki-laki. Bertambah lah buyut dari Kong Sairi dan Mak Jarian. Semoga, kuburan kalian dilapangkan dan diterangkan.

Dengan bertambahnya bayi laki-laki dari keluarga kami maka bertambah pula penerus bagi kami. Alhamdulillah, Nama Malyabari tersemat di kedua nama anakku. Seperti yang kupikirkan dahulu. Malyabari akan menjadi marga dari pihak keluarga. Tepatnya, keluarga pribadiku. Sekaligus ini adalah perintah guruku. Perintah yang harus terus dilaksanakan dan diteruskan kepada anak cucuku.

Malyabari adalah nama seorang tokoh dalam penyebaran agama di negeri Shin dan kini menjadi identitas keluargaku.  Sekaligus yang berarti tempat yang baik. Terimakasih guruku atas semua yang antum berikan. Tak terbalaskan dengan hal apapun. Syukur Alhamdulillah puji dan syukur terucap.

Sesuai dengan amanat pula, jangan bangga dengan turunan. Karena, Alloh tidak menilai dari turunan mana kamu berasal. Tapi, Alloh akan menerima amalan jika dengan syarat iman dan ilmunya. Semoga keluarga kami mendapat kebarokahan dan keselamatan dunia dan akhirat. Aamiin.

Hingga tiba masanya, aku akan ceritakan hal ini pada kedua anakku. Rahasia yang perlahan-lahan kusampaikan pada Rihaan. Semoga, bisa menjadikan Taufik serta hidayah baginya. Aamiin

No comments: